Syarat mendirikan PT

Sebelum Anda membuat PT, ketahui dahulu syarat mendirikan PT dari dokumen, biaya, dan proses pengurusannya. Anda juga harus tau keuntungan dan konsekuensi yang harus diikuti oleh sebuah PT.

Syarat *mendirikan PT

Apa itu Perseroan Terbatas (PT)?

Perseroan Terbatas yang selanjutnya disebut "PT" adalah badan hukum yang merupakan persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam undang-undang ini serta peraturan pelaksanaannya. PT sebagai badan hukum mempunyai perbedaan dengan badan usaha lainnya yaitu terpisahnya harta pribadi dengan harta perusahaan, sehingga pemiliknya tidak bertanggung jawab secara pribadi atas kerugian perusahaan.

PT memiliki peluang lebih besar dibandingkan badan usaha lainnya dari segi branding dan mempunyai oportunis yang lebih tinggi untuk mendapatkan investasi, oleh karena itu Anda wajib merubah usaha Anda menjadi sebuah PT. Sebelum itu kita pelajar terlebih dahulu terkait beberapa karakteristik yang membedakannya dari bentuk badan usaha lain, yaitu:

Dokumen yang diperlukan dalam pendirian PT

Untuk mendirikan PT, ada beberapa dokumen yang harus disiapkan, yaitu:

Setelah semua dokumen yang dibutuhkan telah disiapkan, notaris akan mengurus semua pendaftaran PT ke Kemenkumham.

Biaya-biaya yang diperlukan dalam pendirian PT

Biaya pendirian PT adalah sejumlah uang yang harus dikeluarkan untuk mendirikan perusahaan terbatas. Biaya pendirian PT terdiri dari biaya notaris, biaya pengesahan akta pendirian PT di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), biaya pembuatan NPWP PT, dan biaya lainnya.

Biaya notaris untuk pendirian PT biasanya berkisar antara Rp 7 juta hingga Rp 25 juta. Tergantung dari jenis kepemilikan saham apakah warga asing (PMA), atau kepemilikan saham warga negara Indonesia (PMDN).

Berikut adalah beberapa tips untuk menghemat biaya pendirian PT:

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat menghemat biaya pendirian PT dan memulai bisnis Anda dengan lebih cepat dan mudah.

Langkah-langkah dalam mengurus pendirian PT

  1. Menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Setelah Anda menyiapkan dokumen dan biaya seperti di atas, Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.
  2. Membuat NPWP PT. Anda dapat membuat NPWP PT di Kantor pajak di wilayah Anda.
  3. Membuat rekening bank atas nama PT. Anda dapat membuat rekening bank atas nama PT di bank mana saja.

Keuntungan mendirikan PT

Jika Anda ingin mendirikan PT, perlu di ingat bahwa ada beberapa konsekuensi yang harus diikuti oleh PT seperti pembuatan izin operasional dan/atau komersil, pelaporan pajak setiap tahunnya, serta perlaporan LPKM (Laporan Kegiatan Penanaman Modal), dan kewajiban pelaporan lainnya. Oleh karena itu Anda harus mempertimbangkan manfaat dan risikonya terlebih dahulu. Anda juga harus membuat perencanaan yang matang agar PT Anda dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Jika Anda merasa kebingungan saat proses pendaftaran, atau memerlukan bantuan, Anda bisa konsultasi dengan tim Temanlegal untuk jasa pendirian PT.

Jasa pendirian PT tanpa ribet melalui Temanlegal

- Syarat hanya KTP dan NPWP. - Pembuatan PT/CV selesai dalam 3-4 hari dan Akta Pendirian diantarkan langsung ke rumah/kantor Anda. - Semua proses ditangani oleh Tim Lawyer/Advokat Temanlegal. Data Anda terjamin aman dan terlindungi.

Page by Posterbit